Makanan Sehat dengan Harga Terjangkau





Menurut Dr. Hilary Seligman, assistant professor of medicine di University of California, San Francisco, mengkonsumsi makanan sehat dengan budget yang rendah memang membutuhkan waktu yang lebih lama. "Ini bisa dilakukan tetapi sangat memerlukan perjuangan," kata dia, seperti dikutip situs Health Day, edisi 6 Desember 2013.


Namun, menurut Melissa Joy Dobbins, pakar makanan teregistrasi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, hasil riset ini harus meyakinkan para konsumen bahwa mengkonsumsi makanan sehat tidaklah semahal itu. Ia menjelaskan bahwa akademi merekomendasikan beberapa makanan yang budget-nya bersahabat di dompet

1. Kacang
Mengandung serat, protein, zat besi dan seng. Kacang kering lebih murah tetapi perlu direndam dulu. Kacang kaleng lebih mudah tetapi harus dicuci untuk menurunkan kadar garamnya.

2. Pisang
Mengandung vitamin B6, serat, potassium dan vitamin C. Buah ini mudah diperoleh dan bisa digunakan untuktopping pada yoghurt dan sereal. Jika sudah matang, masukkan dalam kulkas. Kulitnya akan berubah menjadi hitam tetapi pisangnya tetap dalam kondisi baik. Cara lain, kupas kulitnya dan bekukan untuk membuat smoothies.

3. Mentega kacang
satu sendok makan mentega kacang mengandung sekitar 95 kalori, 4 gram protein dan delapan gram lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Jika memungkinkan pilihlah mentega kacang alami karena tidak mengandung gula atau lemak tambahan.

4. Yoghurt
Non-fat atau plain adalah sumber terbaik untuk kalsium dan protein. Ia bisa menggantikan krim asam atau mayonnaise, saat Anda ingin mengurangi lemak dalam resep Anda. Untuk menghemat, belilah yoghurt kemasan besar dan bukan yoghurt berukuran kecil. Belilah yoghurt plain dan tambahkan sendiri rasanya seperti bubuk coklat panas atau campuran granola/sereal atau buah kaleng yang dijus sendiri.

5. Pasta Whole-Grain

Mengandung lebih banyak serat, protein dan vitamin dibandingkan pasta biasa. Untuk memasaknya diperlukan waktu lebih lama.

6. Kacang polong beku
Sayuran yang dibekukan adalah alternatif yang baik untuk sayuran segar. Kacang polong beku mengandung protein, serat dan vitamin A.

7. Almond

Mengandung antioksidan vitamin A dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Untuk menghemat, belilah almond mentah dalam jumlah banyak.

8. Telur
Protein adalah komponen paling mahal dalam makanan seseorang. Telur lebih murah biayanya dan memberikan sumber protein tinggi. Telur juga sangat mudah digunakan untuk apa pun.

sumber : tempo.co

0 Response to "Makanan Sehat dengan Harga Terjangkau"

Post a Comment

wdcfawqafwef