Makanan Penjaga Kekebalan tubuh

Kita tahu, untuk menghindari penyakit yang mungkin akan datang, kita perlu menjaga kebersihan seperti, mencuci tangan, menghindari perilaku jorok, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan asupan makanan sehat yang kita butuhkan? Berikut adalah enam makanan penjaga kekebalan tubuh.

Jeruk. Jeruk memiliki beragam manfaat. Beta karoten yang terdapat di dalam jeruk berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh kita dari radikal bebas penyebab penyakit. Jeruk membantu melawan virus, menjaga sistem peredaran darah dan elektrolit sel menjadi seimbang, serta membantu membentuk jaringan dan tulang menjadi kuat. Selain itu, kandungan asam folat dalam jeruk ini juga memiliki peran yang sangat krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan otak, serta melindungi hati dari kerusakan.

Kale. Kale dikemas dengan antioksidan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kale adalah jenis sayuran hijau yang masuk dalam keluarga Brassica, seperti halnya kubis, kailan, dan brokoli. Mengonsumsi kale bisa memberikan tubuh asupan nutrisi yang baik seperti mangan, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan fitonutrisi.

Yoghurt. Yoghurt bukan hanya sarapan rendah kalori. Asupan probiotik di pagi hari lewat konsumsi yoghurt ini bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh, terutama pada saluran pencernaan.

Bawang putih. Bawang putih kaya antioksidan yang mampu memerangi kanker.Selain itu, bawang putih juga memiliki senyawa alil. Senyawa ini berkhasiat memerangi penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Teh dan madu. Makanan yang hangat bisa membantu melonggarkan lendir. Madu juga bisa menenangkan tenggorokan yang sakit karena batuk.

Sup ayam. Ini adalah paduan yang lengkap dari makanan penjaga kekebalan tubuh. Sayuran yang terdapat di dalam sup kaya akan antioksidan. Kaldu panas bisa melonggarkan lendir. Sementara itu, protein dalam ayam membantu memperbaiki sel-sel tubuh. (Womenshealthmag)

intisari-online

0 Response to "Makanan Penjaga Kekebalan tubuh"

Post a Comment

wdcfawqafwef