Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang punya nama keren Ananas comosus dari suku nanas-nanasan (Bromeliaceae) merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin. Rasa buahnya sangat khas, kombinasi manis dan asam. Nanas yang sudah matang dan manis dapat dikonsumsi langsung sebagai buah potong. Tentu saja sesudah dikupas dan dihilangkan dari "matanya". Nanas juga dipakai sebagai campuran rujak atau salad, bisa juga dimasak sebagai lauk.

Pemanfaat nanas lainnya dalam bentuk nanas kalengan, selai, jeli, cocktail, sari buah, dan sirup. Bahkan ada juga keripik nanas. Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga kaya akan serat. Beberapa manfaat buah nanas adalah

Menurunkan tekanan darah. Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah. 

Menurunkan berat badan. Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. 

Mengatasi asam urat. Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat. 

Mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein. Vitamin C pada nanas dibutuhkan untuk mengatasi gangguan gusi dan pembentukan kolagen. 

intisari-online

0 Response to "Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

wdcfawqafwef