Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Sayuran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia ini ternyata berasal dari India. Sayur ini lazimnya ditumis begitu saja, atau dibuat menu yang kini cukup terkenal: kangkung hotplate. Setelah dicuci bersih, kangkung ditaruh begitu saja di hotplate (piringan besi panas) yang sudah diberi saus sapi atau saus seafood panas. 

Kangkung merupakan tumbuhan liar yang menyukai tempat berair, daratan kering ataupun berlumpur, dengan mendapat kecukupan sinar matahari. Itu sebabnya, kangkung ada dua jenis. Yakni kangkung darat dan kangkung air. Perbedaan keduanya terletak pada warna bunga, bentuk daun dan batangnya. Kangkung darat daunnya panjang dengan ujung runcing, sedangkan kangkung air ujungnya agak tumpul. 

Kandungan vitamin A pada kangkung sangat tinggi, mencapai 6.300 IU. Bersifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini. Selain itu, kangkung juga tinggi kadar seratnya dan mengandung fosfor, zat besi, hentriakontan, dan sitosterol. Berkat kandungan yang dimiliki, kangkung berpotensi juga sebagai antiracun, antiradang, penenang (sedatif) dan diuretik. Berikut manfaat dari sayur kangkung

SEMBELIT. Saat masak, ambil daun dan batangnya yang masih muda dan mengandung serat kasar tinggi. Bisa untuk mencegah sembelit.

INSOMNIA. Menurut pakar kesehatan dari Filipina, Herminia de Guzman Ladion, berbekal kandungan vitamin seperti A, B, dan C, plus mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi, kangkung mempunyai efek menenangkan susunan saraf sehingga pengasupnya merasa santai dan enak tidur. Bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung melancarkan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal. 

intisari-online

0 Response to "Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan"

Post a Comment

wdcfawqafwef