Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam yang sering muncul di meja makan sebagai sayur bening, campuran gado-gado, pecel, belakangan juga dijadikan keripik, bernama Latin Amaranthus tricolor Linn dari suku amaranthaceae. Di negari kita, selain bayam berdaun hijau, ada juga yang merah. Bayam banyak dijual di tukang sayur keliling maupun di pasar. Harga yang ditawarkan murah, sementara kandungan gizinya segudang.

Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng. Beberapa manfaat dari bayam untuk kesehatan sebagai berikut

  1. Mencegah kanker. Serat pada bayam yang mampu mencegah sembil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) "nyangkut" di dinding usus. Selain itu, klorofil pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah kanker. 
  2. Mencegah jantung koroner. Bayam yang mengandung kolin dan inositol mampu mencegah jantung koroner. Kedua senyawa ini bahu membahu mencegah penimbunan plak. 
  3. Membantu mengatur metabolisme. Kandungan seratnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.
  4. Menjaga kesehatan mata. Luteinnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, risiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%. 
  5. Membantu penderita anemia. Kandungan zat besi pada bayam tak diragukan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandungan zat besinya dua kali lipat lebih banyak sayuran lainnya. Cocok diasup oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi.
  6. Membantu menurunkan berat badan.  Bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberi rasa kenyang di lambung.  
selain itu bayam kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi mencegah pertumbuhan janin yang cacat. Kandungan kalsium dan magnesiumnya berkhasiat menguatkan tulang dan gigi.

intisari-online

0 Response to "Manfaat Bayam Untuk Kesehatan"

Post a Comment

wdcfawqafwef