Manfaat Buah Durian

Nama tumbuhan satu ini yang berasal dari Asia Tenggara adalah durian. Nama populernya adalah raja dari segala buah. Durian termasuk buah yang sangat kontrovesial, banyak yang menyukai namum banyak juga yang tidak menyukainya yang disebabkan oleh bau tajam yang terdapat pada buah durian. Terlepas dari kontrovesial buah durian, buah ini mempunyai beberapa manfaat seperti
  1. Melancarkan BAB: Kandungan serat yang tinggi terdapat pada buah durian dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB. 
  2. Mencegah Anemia (kurang darah) : Dalam kadar darah buah durian dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga membantu penderita anemia.
  3. Menekan tekanan darah: Kandungan kalium sangat tinggi tetapi kadar garam yang rendah, membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah. Sehingga US Food and Drug Administration telah mengijinkan industry buah durian untuk mengajukan pengakuan resmi terhadap kemampuan durian mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.
  4. Brain Power: 200 pelajar di Twickenham school telah dibantu ujian mereka dengan makan durian pada saat sarapan, istirahat dan makan siang untuk mendorong kecerdasan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa kalium pada buah dapat membantu siswa lebih perhatian atau serius pada pelajaran.
  5.  PMS (premenstrual syndrome) : Kandungan vitamin B6 pada buah durian dapat meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda.
  6. Mencegah depresi : Menurut salah satu survey terbaru yang dilakukan oleh MIND, menunjukkan diantara masyarakat yang mengalami depresi, memperoleh kondisi yang baik setelah makan durian. Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat dirubah dalam tubuh menjadi serotonin, untuk membantu badan lebih rilek, meningkatkan mood dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.
  7. Mengontrol diet bagi orang kegemukan : Studi di the Institude of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Salah satu kajian menyimpulkan bahwa untukmenghindari ngemil akibat stress kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kstabilan. Buah durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20 % hingga 39%. 
  8. Membantu berhenti merokok :  Durian dapat membantu orang yang berusaha berhenti merokok, karena pada buah durian mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.
  9. Mencegah stress : Kandungan kalium pada buah ini merupakan salah satu mineral vital, yang membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stress, metabolism kita meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Hal ini dapat diseimbangkan kembali dengan makan buah durian yang mengandung kalium yang tinggi
Masih banyak manfaat lain dari buah durian seperti yang dilansir balai penelitian tanaman buah tropika. Adapun efek buah durian terjadi akibat over energy  karena makan durian dalam porsi yang berlebihan. Jika energi tidak tersalurkan maka akan menyebabkan terganggunya keseimbangan badan. Sehingga disarankan agar makan durian cukup 100-200 gr setiap kali makan.


balitbu.litbang.deptan.go.id

0 Response to "Manfaat Buah Durian"

Post a Comment

wdcfawqafwef