Beberapa Manfaat Kopi dan Bahayanya

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Apakah kopi mempunyai manfaat? Pertanyaan ini selalu ada dalam pikiran penikmat kopi, kita tau bahwa di dalam kopi terkandung kafein yang merupakan senyawa utama di dalam biji kopi, kafein tersebut merupakan stimulan sistem saraf yang kuat, sehingga dapat membantu mereka yang mengantuk, atau yang memerlukan daya kosentrasi lebih. Tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan gangguan tidur, peningkatan denyut jantung dan rasa perih di lambung. 

Semua orang didunia sangat mengenal kopi, bahkan ada yang ketergantungan terhadap kopi seperti tidak bias bekerja tanpa kopi. Di sisi lain pada orang yang tidak terbiasa minum kopi, mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Namun efek ini akan berkurang dalam beberapa minggu bahkan hilang. Namun untuk orang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sulit dikendalikan sebaiknya meminum kopi dihindari sedapat mungkin.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa meminum kopi dengan teratur dapat menurunkan resiko penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, kanker hati dan sirosis hati. Bahkan ada penelitian yang menemukan bahwa meminum kopi secara teratur dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung. Selain itu biji kopi juga kaya akan antioksidan dari golongan flavonoid yang dapat mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas didalam tubuh. 


Hal yang Membuat Kopi Berbahaya

Meminum kopi asal tidak berlebihan tidak merugikan kesehatan. Kegiatan yang kita lakukan bersamaan dengan minum kopilah yang harus diperhatikan seperti merokok dan lupa berolahraga karena menghabiskan waktu bersama teman. Merokok merupakan suatu kebiasaan yang banyak orang lakukan ketika duduk di kedai kopi, mereka menghabiskan waktu, kadang meminum kopi 2 sampai 3 gelas sekali duduk, hal ini sangat berbahaya karena sangat berlebihan mengkonsumsi kopi sekaligus serta efek dari mengkonsumsi rokok tersebut. 

Kebiasaan diatas tidak diimbangi dengan berolahraga yang teratur akan mempunyai efek yang sangat berbahaya untuk tubuh dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Efek dalam dekat seperti akan menyebabkan gangguan tidur sehingga tubuh akan mengalami letih, sedangkan efek jangka panjangnya akan terasa perih di lambung.

Campuran kopi juga berpengaruh seperti krimer, susu kental manis dan gula pasir akan menambah jumlah kalori. Perhatikan pula ukuran gelas kopi, terutama jika kita membelinya di beberapa gerai makanan dan minuman cepat saji. Ukuran gelas besar tentu saja mengakibatkan asupan kalori yang berlebihan .Jumlah kalori yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya berat badan. Beberapa penjelasan diatas kita tahu sebenarnya kopi bagus untuk tubuh jika di konsumsi teratur dan tidak berlebihan. Karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

0 Response to "Beberapa Manfaat Kopi dan Bahayanya"

Post a Comment

wdcfawqafwef