Mengenali Gejala Awal Penyakit TBC

TBC atau yang biasa dikenal dengan tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama mycobacterium tuberculosis. Penyakit yang biasanya menyerang paru-paru ini termasuk dalam katagori penyakit yang bersifat mematikan. 
Seseorang yang menderita TBC biasanya memiliki gejala batuk dan bersin. Oleh karena itu penyakit ini mampu menular melalui butiran ludah yang menyembur ke udara. Selain gejala tersebut, berikut adalah gejala awal dari TBC seperti dilansir dari boldsky.com. 
  1. Batuk Terus-menerus. Salah satu gejala umum dari TBC adalah batuk terus-menerus dan menyakitkan selama lebih dari 2 minggu. Jika anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan ke dokter.
  2. Batuk Darah. Selain batuk yang tak kunjung sembuh, penderita TBC biasanya juga mengalami batuk darah. Oleh karena itu waspadalah ketika ada noda darah ketika anda batuk.
  3. Penurunan Berat Badan Penderita. TBC biasanya mengalami penurunan berat badan. Hal ini menunjukkan sebab adanya bakteri TB  yang berkembang di dalam tubuh anda.
  4. Demam. Setiap terinfeksi TBC biasanya disertai dengan demam. Apabila anda merasa demam secara tiba-tiba, sebaiknya juga waspadalah.
  5. Lemah. TBC adalah penyakit menular yang benar-benar membuat tubuh anda cepat merasa lemah.
  6. Rasa Sakit di Paru-paru. TBC merupakan penyakit yang menginfeksi paru-paru. Jika anda merasakan nyeri tajam di paru-paru dan anda merasa kesakitan ketika menghembuskan udara maka anda memiliki infeksi paru-paru yang parah. Dalah hal ini bias jadi adalah tanda dari infeksi TBC.
  7. Infeksi yang Tidak Kunjung Sembuh. Selain membuat infeksi paru-paru, TBC juga dapat menginfeksi setiap bagian tubuh seperti perut, hati, bahkan otak. Jika anda memiliki infeksi di daerah tersebut lebih dari tiga minggu, sebaiknya periksalah ke dokter. 
  8. Menggigil di Malam Hari. Jika anda menggigil di malam hari padahal udara sedang tidak dingin, hal ini bias jadi tanda TBC. Sebab infeksi dari bakteri TBC ini akan menyebabkan anda menggigil di malam hari. 
Jadi, apakah anda mengalami serangkaian gejala diatas? jika ya, sebaiknya periksakan sebelum berkembang menjadi penyakit penyakit yang membahayakan.


Riau pos.

0 Response to "Mengenali Gejala Awal Penyakit TBC"

Post a Comment

wdcfawqafwef