Khasiat Buah Duku

Buah duku (L. domesticum var. duku) merupakan buah yang berasal dari asia tenggara sebelah barat, buah ini merupakan buah dari suku malliaceae. Duku merupakan tumbuhan identitas untuk provinsi Sumatra selatan. Dari hasil penelitian 100gr buah duku memiliki kandungan energi yang mencapai 63 kkal, protein 1 gr, karbohidrat 16,1 gr, vitamin C 9 mg, kalsium 19 mg dan nutrisi yang lain.


Khasiat dan Manfaat Buah Duku

  1. Sebagai obat cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurai diare. 
  2. Memperlancar sistem percernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah duku sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, memcegah kanker kolon, dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  3. Menguatkan gigi Duku memiliki kandungan fosfor yang baik untuk gigi.
  4. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku. Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking. 
  5. Untuk Mengusir Nyamuk. Kulit buahnya dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar. Caranya adalah dengan membakar kulit buah tersebut hingga menimbulkan aroma yang khas. Aroma yang ditimbulkan dari pembakaran tersebut ampuh untuk mengusir nyamuk.

0 Response to "Khasiat Buah Duku"

Post a Comment

wdcfawqafwef